:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id

Izin Usaha Industri(IUI)

Dasar Hukum:

  1. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian;
  2. Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 81/M-IND/PER/10/2014 tentang Perubahan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 41/M-IND/PER/6/2008 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Usaha Industri, Izin Perluasan dan Tanda Daftar Industri;
  3. Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 15 Tahun 2015 tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Nonperizinan Penanaman Modal;
  4. Peraturan Walikota Tarakan Nomor 58 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  5. Peraturan Walikota Tarakan Nomor 90 Tahun 2016 tentang Pelimpahan Kewenangan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Persyaratan

      Baru :

  1.  Mengisi formulir permohonan IUI, bermaterai 6000;
  2.  Fotokopi  Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur / Penanggung Jawab Perusahaan, sebanyak 1 (satu) lembar;
  3.  Foto diri Direktur berwarna, ukuran 4x6, sebanyak 2 (dua) lembar;
  4.  Fotokopi Akta Pendirian badan hukum usaha, sebanyak 1 (satu) rangkap (khusus pemohon berbadan hukum);
  5.  Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan, sebanyak 1 (satu) lembar;
  6.  Materai 6000, sebanyak 2 (dua) lembar;
  7.  Naskah Izin Prinsip;
  8.  Naskah Izin Lokasi;
  9.  Izin / Rekomendasi Lingkungan (AMDAL / UKL-UPL/ SPPL) dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan;
  10.  Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sebanyak 1(satu) lembar;
  11.  Fotokopi Izin Gangguan, sebanyak 1(satu) lembar;
  12.  Daftar mesin/peralatan;
  13.  Daftar bahan baku penolong;
  14.  Fotokopi Bukti Perlunasan PBB tahun terakhir, sebanyak 1(satu) lembar;
  15.  Surat Pernyataan melaksanakan kewajiban mendaftarkan seluruh Tenaga Kerja / Karyawan pada program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, bermaterai 6000.

    Perubahan :

  1. Mengisi formulir permohonan IUI, bermaterai 6000;
  2. Naskah IUI asli.
  3. Dokumen pendukung perubahan;
  4. Fotokopi bukti pelunasan pajak tahunan / bulanan (PBB / Pajak Reklame / Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan) tahun terakhir, sebanyak 2 (dua) lembar.

Jangka Waktu Pelayanan :

      5 (lima) hari kerja setelah berkas permohonan diterima dengan lengkap

Biaya/Tarif :

      Gratis