:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Dasar Hukum:

  1. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan;
  2. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan sebagaimana telah beberapa kali diubah  terakhir dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 39/M-DAG/PER/12/2011;
  3. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 77/M-DAG/PER/12/2013 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan secara Simultan bagi Perusahaan Perdagangan;
  4. Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman dan Tata Cara Peizinan dan Non Perizinan Penanaman Modal, Jo Peraturan Kepala Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 12 Tahun 2013;
  5. Peraturan Daerah Kota Tarakan Nomor 24 Tahun 2001 tentang Surat Ijin Usaha Perdagangan;
  6. Peraturan Walikota Tarakan Nomor 58 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  7. Peraturan Walikota Tarakan Nomor 90 Tahun 2016 tentang Pelimpahan Kewenangan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Persyaratan:

Baru:

  1. Mengisi formulir permohonan SIUP,       bermaterai  6000;
  2. Fotokopi  Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemohon/Pemilik, sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Foto diri Pemilik berwarna, ukuran 3x4, sebanyak 3 (tiga) lembar;
  4. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Pribadi dan atau NPWP Badan, sebanyak 1 (satu)  lembar;
  5. Fotokopi Akta Pendirian badan hukum usaha, sebanyak 1 (satu) rangkap (khusus pemohon berbadan hukum);
  6. Fotokopi SK Pengesahan Badan Hukum Usaha dari Kementrian Hukum dan HAM (khusus PT) sebanyak 5 (lima) lembar;
  7. Naskah Izin Prinsip (khusus usaha perdagangan besar);
  8. Fotokopi naskah Izin Gangguan, sebanyak 1 (satu) lembar;
  9. Rekomendasi instansi / perusahaan (khusus perdagangan barang tertentu);
  10. Fotokopi bukti pelunasan PBB tahun terakhir, sebanyak 1 (satu) lembar;
  11. Surat Pernyataan melaksanakan kewajiban mendaftarkan seluruh Tenaga Kerja / Karyawan pada program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, bermaterai 6000;
  12. Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) (khusus usaha perdagangan besar dalam kategori Penanaman Modal Dalam Negeri).

Perpanjangan (setiap 5 tahun)/Perubahan:

  1. Mengisi formulir permohonan SIUP, bermaterai 6000;        
  2. Fotokopi  Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemohon/Pemilik perusahaan, sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Foto diri Pemilik berwarna, ukuran 3x4, sebanyak 3 (tiga) lembar;
  4. Naskah SIUP asli;
  5. Fotokopi naskah SIUP yang dilegalisir (khusus pembukaan cabang), sebanyak 5 (lima) lembar;
  6. Fotokopi bukti pelunasan pajak tahunan / bulanan (PBB / Pajak Reklame / Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan) tahun terakhir, sebanyak 1 (satu) lembar.

Jangka Waktu Pelayanan:

      3 (tiga) hari kerja setelah berkas permohonan diterima dengan lengkap.

Biaya:

      Gratis