:.Selamat Datang di Website Resmi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan, Jl. Mulawarman Graha II Lt. 1-2 Tarakan 77111 Telp. 0551-32370 Fax. 0551-32081 SMS Gateway : 08115449778 E-mail : perizinan@kppttarakan.id:.
Website Resmi DPMPTSP Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tarakan Memberi Pelayanan Yang Cepat, Efisien, Ramah, Mudah, Aktif, Terjangkau Good governance Pelayanan Publik Yang Prima  'BAIS' ( Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera ) kppttarakan.id

Gara-Gara Pemda tak Antusias, Batam Disalip Bali dan Tarakan sebagai Kota Gas di Indonesia

Pencanangan Batam sebagai kota gas tersalip oleh Bali, Tarakan, dan Prabumulih.

Rencana yang sudah digaungkan sejak dua tahun itu tidak berjalan di Batam karena kurangnya antusiasme dari pemerintah daerah.

"Dulu kami mencanangkan beberapa daerah sebagai kota berenergi bersih, itu Batam, Bali dan Tarakan. Tapi setelah diskusi dengan pimpinan di daerah masing-masing, yang sangat antusias itu cuma Bali dan Tarakan. Batam mungkin belum menganggap penting. Akhirnya sekarang Bali yang jadi percontohan," tutur Dirjen Migas, IGN Wiratmaja.

‎Di Bali saat ini sudah dibangun Bali Clean Energy Center of Excellent.

Untuk mendorong Bali energi bersih, beberapa waktu lalu pun digelar Bali Clean Energy Forum yang dihadiri oleh 25 negara, dan diantaranya 7 menteri dari negara sahabat.

‎"Di Bali saja Gubernurnya memberikan lahan 200 hektar untuk ini. Begitu juga antusiasme yang ditunjukan oleh Pemerintah Tarakan dan Prabumulih. Makanya tahun ini di Tarakan dan Prabumulih akan menggunakan jaringan gas di seluruh kotanya," tutur dia.

Untuk Prabumulih saja, Kementerian Energi dan Sumber Daya‎ mineral mengucurkan anggaran lebih dari Rp 500 miliar untuk membangun jaringan gas.

Pembangunan jaringan gas di Tarakan dan Prabumulih dibangun oleh pemerintah pusat.

Sedangkan pemerintah daerah menyediakan lahan dan mengurus perizinananya.

"Kenapa kita bilang mereka antusias, sebab kalau izin dan lahan itu disediakan langsung oleh wali kotanya. Jadi kami tinggal membangun saja. Makanya tidak banyak kendala. Yah kami berharap Batam sebenarnya bisa antusias, karena jaringan gassendiri sudah ada. Tinggal mendorong Pemdanya saja. Kami pusatkan tidak bisa kerja sendiri," tutur dia.

Rencananya ia akan membahas perihal Batam City Gas ke Gubernur Kepri saat rapat nanti di Swiss Bell Hotel.

"Nanti akan ketemu Gubernur, kita sampaikan lagi," ucap dia.

Menurut IGN Wiratmaja, Batam tinggal membangun SPBG saja.

Hanya dengan empat sampai lima SPBG saja sudah cukup memenuhi.

"‎Batam 4-5 SPBG saja sudah oke. Gas di Batam inipun kualitasnya bagus. Kalau beberapa daerah lain di Jawa itu basah. ‎Kita bersyukur di Batam sudah ada satu SPBG yang dibangun oleh PGN," ucap dia.

Tetapi satu SPBG tersebut belum dapat langsung berjalan karena kompresor dan dispenser masih dalam proses pengiriman.

Setelah beroperasi, PGN berencana akan menyebarkan konverter kit untuk mobil dinas dan angkutan umum.

"Kita akan sebarkan converter kit untuk mobil dinas Poltek salah satunya, termasuk mobil dinas Pemda. Bisa disebarkan sekitar 200-an converter kit di dekat SPBG nanti. Kita punya 5.000 converter kit yang bisa dibagikan untuk seluruh Indonesia, prioritasnya mobil dinas dan angkutan umum," kata dia.

Terakhir, ia menyebutkan selain membagikan converter kit, kementerian juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk membangun fasilitas jaringan gas di seluruh I‎ndonesia.

Adapun jargas yang dibangun di seluruh Indonesia ditargetkan sebanyak 14 ribu rumah tangga, dan 4.000 diantaranya ada di Batam. (*)

Sumber : BATAM.TRIBUNNEWS.COM

Berita Terkait

3 Komentar

Derrick | 11 Januari 2018 - 18:52:58 WIB
Hurrah, that's what I was seeking for, what a information!
present here at this website, thanks admin of
tthis site.
Martin | 19 Januari 2018 - 16:23:12 WIB
I don't even know the way I ended up here, but I thought this publish used to be good.
I don't recognize who you're however certainly you
aare going to a well-known blogger when you aren't already.

Cheers!
www.yelp.com | 21 Januari 2018 - 02:47:10 WIB
It's very straightforward to find out any matter on net as
compared to textbooks, as I found this post at this website.

Isi Komentar